Jumat, 26 Februari 2010

Apa Saja Softskill yang Saya Butuhkan?

Dalam hidup kita harus mempunyai keahlian, baik itu hardskill ataupun softskill. hardskill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, telnologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sedangkan softskill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan mengatur dirinya sendiri.

Softskill merupakan komponen yang penting dalam kehidupan. softskill dan hardskill saling ketergantungan. bila seseorang hanya hardskillnya saja yang bagus, maka orang tersebut belum tentu akan mudah diterima dalam kehidupan bermasyarakat. softskill yang saya butuhkan adalah berkomunikasi secara lisan, fleksibel, dan percaya diri.

saat berkomunikasi lisan dengan orang yang lebih tua kadang kala saya suka merasa takut dan tidak berani mengeluarkan pendapat. saya lebih banyak diam dan mendengarkan.

Saya termasuk orang yang kurang fleksibel. saya agak sulit untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang baru saya kenal dan lingkungan yang baru saya temui. hal ini membuat saya tidak bisa memulai percakapan terlebih dahulu dengan orang yang baru saya kenal.

saat sekolah dan kuliah saya sering di tuntut untuk dapat berbicara di depan kelas dan melakukan persentasi. saya selalu merasa malu dan kurang percaya diri. percaya diri merupakan hal penting yang dapat membuat kita berani berbicara di depan umum dan mengemukakan pendapat saat prsentasi berlangsung. saya sadar nanti pada saat memasuki dunia kerja saya akan lebih banyak melakukan persentasi dan akan sering berbicara di depan umum. oleh karena itu softskill sangat pebting untuk kehidupan saya di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar