Minggu, 28 Maret 2010

penalaran

Penalaran adalah berpikir dengan tingkat yang lebih tinggi, dilakukan secara sadar, tersusun dalam urutan yang saling berhubungan dan bertujuan untuk sampai pada suatu kesimpulan. Penalaran dilihat dari prosesnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu penalaran deduktif dan penalaran induktif.

Penalaran induktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan beberapa proses atau sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus. Penalaran induktif uga merupakan generalisasi, analogi atau hubungan sebab akibat.

Penalaran deduktif dimulai dengan suatu premis yaitu pernyataan dasar untuk menarik kesimpulan. Kasimpulannya merupakan implikasi [enyataan dasar itu. Artinya apa yang dikemukakan didalam pernyataan itu.

Dalam prakteknya proses deduktif dan induktif itu diwujudkan dalam satuan –satuan tulisan yang merupakan paragraph. Didalam paragraf suatu penyataan umum membentuk kalimat utama yang mengandung gagasan utama yang dikembangkan dalam paragraf itu. Dengan demikian ada paragraf deduktif dengn kalimat utama pada awal paragraf, paragraph induktif dengan kalimat utama pada akhir paragraf dan adapula paragraf dengan kalimat utama pada awal dan akhir paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar