Jumat, 12 Februari 2010

Sekilas Mengenai Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Sistem operasi jaringan menyediakan beberapa fungsi khusus, diantaranya:
1.Menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lain ke sebuah jaringan.
2.Mengelola sumber daya jaringan
3.Menyediakan layanan
4.Menyediakan keamanan jaringan bagi multiuser

Sesuai dengan fungsinya, jaringan pada komputer dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
1.Jaringan peer to peer
Adalah jaringan yang hanya menghubungkan 2 komputer, dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client. Jadi,tidak ada perbedaan antara server dan client. Setiap komputer yang terhubung pada jaringan dapat berkomunikasi dengan komputer-komputer lain secara langsung tanpa melalui perantara.
2.Jaringan Clien/Server
Pada jaringan ini terdapat sebuah komputer yang berfungsi sebagai server sedangkan komputer lain berfungsi sebagai client. Komputer client berfungsi menerima layanan dari komputer server dan komputer server berfungsi dan bertugas melayani seluruh komputer yang terdaoat pada jaringan tersebut.

Contoh sistem operasi jaringan:
1.Novell Netware
Adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC / kompatibelnya.Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell.
2.Windows NT
Adalah sebuah sistem operasi 32-bit dari microsoft yang menjadi leluhur windows 2000, windows XP, windows server 2003, dan windows vista
3.Unix
Adalah salah satu sistem operasi yang tersedia untuk digunakan di komputer pribadi, server dan jaringan. Unix merupakan program berdasarkan klien server model yang memungkinkan untuk multi-user interface.

Referensi
- http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_jaringan
- andibagus.blogspot.com/2008/.../sistem-operasi-jaringan.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Novell_NetWare
- http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_NT
- http://de-kill.blogspot.com/2009/05/sekilas-tentang-unix.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar